:::: MENU ::::

Wednesday, February 20, 2013

Masih seputar burung kenari, kalau sebelumnya saya berbagi mengenai cara merawat burung kenari menjadi gacor dan cara beternak burung kenari, nah kali ini saya akan membagikan tips mengenai cara membuat pakan untuk burung kenari. Memang saat ini banyak dijual pakan burung kenari di toko, tapi tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri pakan kenari tersebut, itung-itung memberi pelayanan spesial buat kenari kita he..he..

Sebelum memulai, seperti halnya kita mau masak pada umumnya, tentu kita harus mempersiapkan dulu bahan-bahannya. Nah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sendiri pakan burung kenari adalah sebagai berikut:
  • Telur 2 butir
  • Minyak hati ikan kod (cod liver oil)
  • Minyak gandum (wheat germ oil)
  • Remah roti
Oke, setelah mempersiapkan bahan-bahannya, selanjutnya kita masuk ke cara pengerjaannya. Langkah-langkah untuk membuat pakan burung kenari tersebut adalah:

Pertama
Ambil dua butir telur, kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih. Lama merebus telur kira-kira selama 15 - 20 menit. Usahakan jangan terlalu lama karena jika terlalu lama, kuning telur akan berubah menjadi agak kehitaman.

membuat pakan burung kenari


Kedua
Setelah selesai direbus, kupas cangkang telur tersebut lalu pisahkan. Cangkang telur jangan dibuang, tapi dikeringkan menggunakan oven atau bisa juga disangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak).

cara membuat pakan burung kenari


Ketiga
Telur yang sudah bersih dari cangkang tersebut kemudian didinginkan kira-kira 20 sampai 30 menitan. Cara mendinginkan terserah anda, bisa diangin-anginkan atau bisa juga dimasukkan ke dalam rantang yang berisi air dingin.

membuat pakan burung kenari


Keempat
Sambil kita menunggu telur menjadi dingin, ambillah cangkang telur yang sudah dikeringkan tadi, lalu tumbuk hingga menjadi butiran debu (eh...salah, itu mah judul lagu ya ... he..he..) maksud saya menjadi butiran-butiran kecil.

membuat pakan burung kenari


Kelima
Telur yang sudah dingin tadi kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang berisi tumbukan cangkang telur tadi. Aduklah sampai merata sambil digerus dan menjadi lembut.

membuat pakan burung kenari


Keenam
Tambahkan kira-kira 3/4 sendok teh minyak ikan kod ke dalam adonan telur tersebut. Aduk-aduklah hingga benar-benar merata.

cara membuat pakan burung kenari


Ketujuh
Kemudian tambahkan 3/4 sendok teh minyak gandum ke dalam adonan, lalu aduk lagi hingga benar-benar merata. Minyak gandum berguna agar adonan tidak cepat mengering.

cara membuat pakan burung kenari


Kedelapan
Setelah adonan berubah warna dan menjadi lengket, tambahkan sekitar 58 gram remah roti, kemudian aduk hingga adonan menjadi kering. Kalau kurang kering, anda bisa menambahkan lagi remah rotinya hingga adonan benar-benar menjadi kering.

cara membuat pakan burung kenari


Kesembilan
Akhirnya selesai sudah pembuatan pakan untuk burung kenari. Anda bisa segera menghidangkannya untuk burung kenari kesayangan anda, bisa juga dibarengi dengan secangkir teh hangat (maksudnya teh nya buat anda he...he...)

cara membuat pakan burung kenari


Demikianlah tips cara membuat pakan untuk burung kenari, tips ini saya adopsi dari blognya om kicau, semoga bermanfaat dan menjadikan burung kenari anda menjadi semakin mantap. Sampai ketemu lagi dalam tips dan trik burung kenari berikutnya :D.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!