:::: MENU ::::

Tuesday, May 28, 2013

Dalam postingan sebelumnya, saya pernah mengulas tentang burung Poksay, yaitu mengenai cara merawat dan memelihara burung Poksay, termasuk mengenal jenis-jenis burung tersebut, baik yang berasal dari luar maupun lokal.

burung poksay


Nah, dalam postingan kali ini, saya akan berbagi tips dan trik seputar cara memelihara dan melatih burung Poksay agar sering berkicau atau istilah populernya gacor. Menurut para penikmat burung, katanya Poksay memiliki keistimewaan yaitu ketika berkicau dia suka berputar-putar atau istilahnya teler. Lalu, bagaimana cara atau langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar bisa mempunyai burung poksay seperti itu? Mari kita lanjutkan.

Hal paling utama yang perlu diperhatikan dalam merawat burung Poksay adalah perlakuan yang manja, jangan ditakut-takuti karena ia akan menjadi diam seribu bahasa. Burung poksay akan sangat senang apabila mendapat perlakuan yang manja, misalnya sering diajak ngobrol oleh pemiliknya.

Dalam hal perawatan burung poksay yang hidup lepas di alam bebas, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dari pada burung poksay yang dipelihara di dalam sangkar. Untuk itu yang perlu diperhatikan dalam melindungi burung sangkar adalah, mengeluarkan  sangkar pada saat pagi hari dan bila hari cerah, tidak mendung. Saat sebelum matahari terbenam masukkan sesegera mungkin burung poksay ke dalam rumah.  

Sebab burung poksay yang dipelihara dalam sangkar, ia tidak dapat mencari makan sendiri. Sehingga makanan perlu disediakan secara teratur dan terjadwal, baik dari segi jumlah maupun kualitas makanan. Makan harus bersih dan tentu bergizi. Bila  makanan tersebut berbentuk biji-bijian seperti, ketan hitam, kacang hijau, kedelai, jagung, beras, atau campuran biji-bijian tersebut, harus ditumbuk menjadi butiran-butiran kecil.

Selain makanan yang berupa biji-bijian, burung poksay juga perlu makanan tambahan misal buah-buahan ataupun jenis serangga. Untuk buah kita bisa menghidangkan pepaya atau pisang masak. Sedangkan untuk jenis seranggga, kita dapat mencari jangkrik hidup atau juga ulat hongkong. 

Untuk hal minuman, berilah burung poksay kesayangan anda dengan minuman tawar yang bersih. Bila perlu dapat juga ditambah dengan vitamin atau obat-obatan lainnya. Memberi makanan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari, dan yang tidak kalah pentingnya mengenai kebersihan kandang. Sebaiknya kandang dibersihkan pada waktu pagi hari setiap hari.
Jadi kesimpulannya, agar burung poksay anda rajin berkicau, maka perlakukanlah ia sedemikian rupa agar ia tetap sehat dan bugar.
  


Categories: