:::: MENU ::::

Thursday, April 16, 2015

Salam buat saudara-saudara pengunjung blog saya yang beragama Islam.

Sebagaimana kita tahu bahwa sepeninggal Rasulullah Saw., beliau meninggalkan dua wasiat yang sangat berharga untuk umatnya, yaitu Al-Qur'an dan Hadits. Keduanya merupakan sumber hukum Islam dimana yang satu menjadi penjelas bagi yang lainnya.

download kitab hadits lengkap
Tampilan awal software


Ayat-ayat Al-Qur'an yang bersifat umum, kemudian diperjelas secara rinci dalam hadits-hadits Nabi sehingga menghasilkan pemahaman yang komprehensif terhadap ajaran agama Islam. Oleh karena itu, sangat penting kita mengetahui hadits-hadits Nabi agar kita lebih mudah memahami agama dan hukum-hukum dalam agama.

Banyak sekali kitab-kitab hadits yang dapat kita temukan di toko-toko kitab, namun tentu selain harga yang cukup mahal, semakin banyak kitab tentu akan semakin memakan tempat di ruangan kita. Nah, di era digital sekarang ini, ada beberapa orang yang dengan kreatif mendokumentasikan hadits-hadits Nabi tersebut ke dalam sebuah software yang diberi nama "Al-Jami Lil Hadits An-Nabawi" atau "Kumpulan Hadits-hadits Nabi". Melalui software ini kita tidak lagi membutuhkan ruangan khusus untuk menyimpan kitab-kitab hadits, hanya perlu komputer atau laptop saja.

Berikut adalah ringkasan/ulasan dari software hadits Al-Jami Lil Hadits An-Nabawi :
Software "Al-Jami' Lil hadits An-Nabawi" adalah salah satu software hadits terlengkap saat ini. Dengan software ini kita dengan mudah bisa mencari hadits-hadits nabi dengan beberapa fasilitas tambahan, seperti penjelasan perawinya, derajat haditnya, penjelasan kata-kata yang artinya asing (ghoribul al-fadh) menampilkan tema-tema kajian beserta hadits-hadits seputar kajian tersebut, dll.. Software ini memuat 521.745 hadits, 28.954 tema, 2.794. 358 rijal isnad dan 478.144 penjelasan kosa kata asing. Dan sama dengan software Jawami'ul Kalim, matan-matan haditsnya sudah diberi harakat sehingga memudahkan bagi para pembacanya.
Menurut informasi, pembuatan software hadits ini menggunakan referensi sebanyak 401 kitab hadits dan ulumul hadits. Jumlah hadits yang terdapat dalam software ini sebanyak 522.346 hadits, sedangkan jumlah rowi yang dimuat ada 2.770.743 perawi. Kata-kata gharib yang diberikan penjelasan sebanyak 1.000.000 kata dan tema kajiannya ada sebanyak 20.000 tema.

Bila melihat sekilas info tentang software ini, maka Insya Allah software ini dapat menjadi bahan referensi yang cukup memadai bagi anda. Silahkan download software hadits ini gratis dengan mengklik tautan berikut:

Categories: