Jumat, 14 Desember 2012

Tips Cara Merawat Burung Kenari

Burung adalah salah satu ciptaan Tuhan yang sangat indah, banyak sekali burung yang mempunyai bentuk tubuh dan bulu yang sangat indah, ada juga yang memiliki suara yang sangat merdu sehingga banyak diantara kita yang rela mengeluarkan uang berpuluh-puluh juta hanya untuk membeli seekor burung. Ya, seperti itulah kalau kita sudah menyukai sesuatu, sebuah pepatah dalam agama Islam mengatakan "Man Ahabba Syai an Fahua 'Abduhu" yang artinya barangsiapa mencintai sesuatu, maka ia akan menjadi abdinya, dalam arti ketika seseorang mencintai sesuatu, apapun akan dilakukannya, termasuk mengeluarkan uang yang sangat banyak pun tidak menjadi soal, yang penting apa yang diinginkannya terpenuhi. Nah, begitu juga masalah burung ini, saya punya seorang teman yang mengeluh karena suaminya lebih sibuk dengan burung peliharaannya daripada dengan istrinya sendiri he.he.he...

Cara merawat burung kenari


Salah satu burung yang cukup banyak penggemarnya adalah burung kenari, bila kawan-kawan ingin mengetahui lebih jauh mengenai burung kenari, baik dari asal-usulnya hingga berbagai jenis burung kenari dan turunannya, kawan-kawan bisa liat di blognya mas Udjo yang bertajuk Saung Kenari Udjo, silahkan lihat disini. Disini, saya cuma ingin berbagi tips bagaimana merawat burung kenari secara garis besarnya saja karena saya sendiri pun bukan seorang ahli dalam bidang per-burungan he..he...., hanya punya sedikit pengetahuan tentang tips merawat burung kenari yang saya peroleh dari seorang teman, dan saya pun ingin berbagi dengan kawan-kawan pengunjung blog Amang Dendi :D.

Hal terpenting dalam memelihara burung kenari adalah menjaga kebersihan kandang dan memelihara asupan makanannya. Usahakan untuk membersihkan kandang burung kenari setiap hari karena kebersihan kandang akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan burung kenari. Jangan lupa memberikan makanan "wajib" setiap hari dari jenis buah-buahan dan sayuran seperti apel, selada, dan sawi.

Saat membersihkan kandang, jangan lupa juga gantilah wadah makanan dan minuman burung kenari anda setiap hari karena bila tidak, itu akan menjadi sumber penyakit bagi burung kenari anda. Untuk minumnya, usahakan anda memberikan minuman dari air yang higienis, misalnya air mineral.

Nah, itulah tips merawat burung kenari dari segi pemeliharaan, selanjutnya bagaimana cara merawat dan melatih burung kenari agar bersuara gacor? Berikut ini ada tips yang saya kutip dari situsnya Mbak Anne Ahira di AnneAhira.com, berikut tipsnya:
  • Setiap waktu senggang, cobalah kawan-kawan sandingkan burung kenari tersebut dengan kenari lain yang sudah bersuara lantang, kalau tidak ada burung kenari lainnya, kawan-kawan bisa menggunakan kaset atau CD untuk diperdengarkan para burung kenari tersebut.
  • Penting! kalau anda menggunakan burung kenari lain untuk memperdengarkan suaranya, jangan coba-coba mempertemukan mereka karena itu akan saling mempengaruhi satu sama lain. Jadi cukup diperdengarkan suaranya saja tanpa membiarkan mereka saling melihat satu sama lain. Lakukan itu setiap hari selama dua minggu, dan setelah itu cukup dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.
  • Jemurlah burung kenari anda setiap hari, ini adalah hal yang harus dilakukan setiap hari, rentang waktunya kira-kira pukul 06.00 s.d 11.00 WIB. INGAT! jangan terlalu banyak memberikan makan dan minum pada kenari anda selama ia berjemur karena akan berpengaruh pada suaranya.
  • Saat menjemur, lakukan ditempat yang luas atau kandang yang cukup lebar agar burung kenari anda bebas bergerak.
  • Setelah selesai dijemur, lakukan pendinginan, jauhkan burung kenari anda dari sinar matahari. Tunggulah sampai burung kenari anda tidak ngos-ngosan, lalu beri makanan yang cukup dan bergizi seperti apel merah dan pisang. Jangan memberi makan sambil minum, biarkan kenari anda makan dulu, selesai makan baru anda kasih minum dan usahakan air minumnya yang sudah dimasak.
  • Untuk menghasilkan atau memancing agar suara kenari anda lebih baik lagi, anda bisa menambahkan vitamin pada minumannya, kawan-kawan bisa mencari vitaminnya di toko-toko burung seperti Super Kicau dan Vitasol.
  • Berikanlah fasilitas senyaman mungkin pada burung kenari anda, setelah selesai dijemur, diberi makan dan minum, istirahatkanlah burung kenari anda. Supaya terlindung dari gangguan dunia lain, eh.. dunia luar, berilah penutup kurung atau istilah para penyuka burung "dikerodong".
Saya rasa, tips merawat burung kenari untuk kali ini cukup sampai disini dulu, kalau saya dapat informasi lain yang lebih rinci lagi, tentu saya akan berbagi lagi dengan kawan-kawan disini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini, semoga anda mendapat manfaat.