:::: MENU ::::

Monday, February 11, 2013

Bagi sebagian besar siswa, baik dari tingkat SD hingga SMA, mungkin banyak yang alergi dengan kata "Matematika" he..he...., maksudnya banyak yang kurang senang dengan pelajaran tersebut. Adapun alasan ketidaksenangan terhadap pelajaran Matematika itu sangat beragam, namun yang paling banyak adalah karena merasa sulit. Itu juga yang pernah saya rasakan waktu dulu masih duduk di bangku sekolah, kalo sekarang saya sudah duduk di bangku rumah saja he..he....

syndrom matematika

Sebenarnya, ada banyak cara bagi kita untuk menyukai pelajaran Matematika, sebagaimana halnya banyak cara bagi kita untuk menyukai sesuatu yang lain. Dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi tips Matematika buat kawan-kawan pelajar baik SD, SMP, atau SMA. Tipsnya adalah tentang bagaimana cara agar kita menyukai pelajaran Matematika. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kawan-kawan terapkan dalam usaha untuk mulai menyukai si Matematika :D

Jangan Hanya Menghafal
Menghafal itu adalah salah satu aktifitas penting yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran, apalagi yang berkaitan dengan istilah-istilah dan rumus-rumus. Namun, aktifitas menghafal akan mempercepat rasa bosan dan jenuh dalam belajar Matematika, lakukan improvisasi dalam belajar seperti misalnya banyak mengerjakan soal-soal, atau memodifikasi soal-soal yang sudah (mengganti nilai-nilainya) sehingga nantinya tanpa menghafal pun kita akan terbiasa mengerjakan soal-soal tersebut sehingga dengan sendirinya rumus pun akan hafal.

Mengerti dan Pahami apa yang diterangkan oleh Guru
Matematika tidak hanya soal menghafal rumus, tetapi kita juga harus mengerti bagaimana mengoperasikan rumus tersebut. Rumus ibarat sebuah alat, dan untuk mengoperasikan alat tersebut, tentu kita harus tahu caranya. Nah, sama halnya dengan rumus Matematika, kalo kita hanya hafal rumusnya saja tanpa tahu cara mengoperasikan rumus tersebut, maka tentu akan sulit mengerjakan soalnya :D

Pelajari kembali materi yang telah disampaikan guru di rumah
Sesampainya di rumah, lakukan aktivitas seperti biasa, jangan lupa istirahat. Setelah melakukan aktifitas seperti biasanya, sempatkanlah sedikit waktu untuk mengulang kembali pelajaran yang tadi telah diterima disekolah, ini sangat berguna agar materi pelajaran tersebut nempel dalam ingatan kita.

Sedikit tapi konsisten
Pernah mendengar SKS (sistem kebut semalam)? atau kamu adalah salah satu penganutnya? he..he.... mulai sekarang, tinggalkan kebiasaan itu dan mulailah untuk belajar sedikit demi sedikit tapi konsisten, kalau dalam istilah agama disebut istiqomah. Allah lebih menyukai orang yang istiqomah daripada orang yang grasak grusuk dikala hari H hampir tiba.

Terus berlatih
Seperti yang sudah dikatakan di atas, banyak berlatih akan membuat kita terbiasa menghadapi berbagai macam bentuk soal sehingga ketika menghadapi soal-soal dalam ujian, semua akan terasa lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.

Perbanyak referensi
Jangan merasa cukup dengan satu sumber, perbanyaklah referensi untuk materi yang kita sedang pelajari. Kawan-kawan bisa mencari buku-buku lain yang relevan atau mencari pengetahuan di internet.

Jangan malu untuk bertanya
Ada pepatah mengatakan "Malu bertanya sesat dijalan", itu memang benar adanya. Ketika kita tidak mengerti, bertanyalah kepada guru dan kalo perlu minta dijelaskan lagi secara perlahan. Jangan pernah malu, karena jika kita malu, itu tentu akan menghambat langkah kita selanjutnya.

Mungkin itu dulu tipsnya tentang cara untuk membuat kita menyukai pelajaran Matematika, semoga bermanfaat.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!