:::: MENU ::::

Thursday, March 7, 2013

Belajar Matematika tentu tidak akan lepas dari yang namanya rumus, dan mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang (siswa) yang kurang menyukai pelajaran Matematika, alasannya beragam, tapi persamaannya pasti semua bilang pusing, susah, dan berbagai alasan lainnya.

Tapi sebenarnya, belajar Matematika itu sangat menyenangkan kalau kita tahu kuncinya, apa yang kita anggap sulit itu karena kita tidak tahu letak kenikmatan belajar Matematika (udah kaya makanan aja ya kenikmatan he..he...), diantaranya adalah mengetahui trik-trik cepat dalam mengerjakan suatu soal Matematika. Nah, materi pelajaran yang akan saya suguhkan pada kesempatan ini adalah cara mudah mencari FPB (Faktor Persekutuan Terbesar), ini sebenernya pelajaran untuk anak kelas IV SD, tetapi mungkin kawan-kawan dari tingkat SMP atau SMA juga ada yang belum mengetahui, jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya :D.

cara mudah mencari fpb


Untuk mencari FPB, sebenarnya ada beberapa cara mudah, diantaranya yaitu :
  1. Mencari faktor prima
  2. Pembagian dengan bilangan prima
  3. Algoritma Euclid
Cara yang akan saya bagikan disini adalah cara mudah mencari FPB yang ketiga yaitu dengan algoritma Euclid. Cara ini saya anggap yang termudah, terbukti bahwa anak didik saya di kelas IV pun sangat mudah memahami cara yang ini. Baiklah tanpa perlu panjang lebar berbasa-basi kesana kemari lagi, kita langsung saja bahas bagaimana cara mudah mencari FPB menggunakan algoritma Euclid.

Mencari FPB dengan algoritma Euclid adalah dengan cara melakukan pembagian berulang-ulang dimulai dari kedua bilangan yang hendak kita cari FPB nya sampai kita mendapatkan sisa 0 (nol) dari hasil pembagiannya.

Mari kita perjelas dengan contoh, misalnya kita akan mencari FPB dari 24 dan 60. Langkah-langkah mencari FPB dari 24 dan 60 dengan algoritma Euclid adalah sebagai berikut:
  • Bagilah bilangan yang lebih besar dengan bilangan yang lebih kecil. Dalam contoh ini yaitu kita bagi 60 dengan 24, hasilnya adalah 2 dan sisanya adalah 12.
  • Langkah selanjutnya, kita bagi bilangan yang lebih kecil (yaitu 24) dengan sisa pembagian sebelumnya (ingat: sisa pembagian sebelumnya adalah 12), jadi kita bagi 24 dengan 12 (24 : 12). Hasilnya adalah 2 dan sisa pembagiannya adalah 0 (nol).
  • Karena kita sudah mendapatkan sisa 0 (nol), maka berarti FPB dari 24 dan 60 adalah 12.
Bisa dimengerti ngga? mudah-mudahan bisa dimengerti :D, kalo masih belum paham, silahkan kawan-kawan diskusikan di kolom komentar, atau bisa juga langsung kirim email ke saya lewat menu kontak. Terima kasih dan selamat mencoba.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!