:::: MENU ::::

Tuesday, January 22, 2013

Kesehatan itu mahal harganya, itu sepertinya menjadi hal yang disepakati oleh banyak orang, betapa tidak, ketika kita terserang penyakit, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Ada orang yang harus kehilangan harta bendanya demi mengobati penyakit yang dideritanya. Nah, saat tulisan ini dimuat, ini kan lagi musim hujan yang katanya lagi puncak-puncaknya. Menurut pakar ilmu kesehatan, dengan keadaan cuaca seperti ini maka akan menjadi lahan subur bagi bibit penyakit. Biasanya penyakit yang sering menjangkit kita di saat musim hujan ini seperti flu, batuk, diare, demam, dan bahkan demam berdarah.

tips musim hujan


Nah, melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh kita khususnya anak-anak agar terhindar dari penyakit. Bagaimana tipsnya, silahkan simak tips kesehatan berikut ini:

Minum Air Putih
Dalam keadaan cuaca hujan seperti ini, tubuh kita tetap memerlukan cairan agar kita tetap dapat melakukan aktivitas dengan sempurna. Khusus dalam keadaan seperti ini, keringat kita jarang keluar/menguap karena tingkat kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, dengan banyak mengkonsumsi air putih, kita akan terhindar dari dehidrasi dan juga membantu untuk membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain mengkonsumsi air putih, kita juga dapat mengkonsumsi green tea.

Konsumsi Sayuran
Mengkonsumsi sayuran sangat baik untuk kesehatan, sayuran memiliki nutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sebelum dikonsumsi, jangan lupa untuk mencuci sayuran dengan air hangat agar bakteri tidak ikut masuk ke dalam tubuh kita. Selanjutnya cara mengkonsumsinya bisa dengan cara ditumis atau dijadikan salad. Dengan dikonsumsi seperti itu, sayuran tidak kehilangan warna, vitamin, dan rasa.

Olah Raga
Dengan rajin berolahraga tentu akan membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Terutama saat musim hujan seperti ini, daripada dipakai untuk tidur alangkah lebih baiknya kita gunakan waktu untuk berolah raga, walaupun hanya sekedar sit-up, push up, atau olah raga ringan saja untuk menghangatkan tubuh kita.

Mandi Setelah Hujan
Saat musim hujan, kadang-kadang kita kehujanan di jalan. Nah, kalau kita terkena hujan segeralah mandi. Mandi setelah terkena air hujan akan membantu mencegah adanya infeksi kuman. Bagi yang bekerja di ruangan ber-AC, usahakan untuk tidak masuk ke ruangan ber-AC bila rambut anda dalam keadaan basah, itu untuk menghindari agar tidak terkena influenza.

Menjaga Kebersihan Rumah
Dimusim penghujan seperti ini, kita harus rajin-rajin menjaga kebersihan rumah. Bila banyak genangan air, ini yang akan mengakibatkan adanya penyakit demam berdarah karena nyamuk akan bersarang alam genangan-genangan air tersebut. Untuk informasi lebih lengkap seputar cara menghindari demam berdarah, anda bisa mencarinya di Google karena informasi seputar topik tersebut telah banyak diposting oleh para blogger.

Demikian tips kesehatan di musim hujan kali ini, sampai jumpa lagi di tips-tips kesehatan selanjutnya. 

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!