:::: MENU ::::

Sunday, January 27, 2013

Dalam sebuah keterangan disebutkan "Tafakkaru fii kholqillah walaa tafakkaruu fii dzaatillah" yang artinya fikirkanlah/renungkanlah olehmu ciptaan-ciptaan Allah dan janganlah kamu memikirkan tentang dzat Allah. Dalam kalimat tersebut jelas tertangkap makna mengenai larangan bagi kita untuk memikirkan dzat Allah karena kita tidak akan mampu melakukannya. Hal yang harus kita lakukan adalah memikirkan ciptaan-ciptaan Allah sehingga nantinya akan menambah keyakinan dan kesadaran dalam diri kita akan kebesaran Allah Sang Pencipta.

Untuk memahami dan menyadari akan ke-Maha Besaran Allah, kita tidak perlu jauh-jauh memikirkan alam semesta, cukup pikirkan tentang diri kita, bagaimana Allah menciptakan manusia beserta segala seluk beluknya dari mulai bentuk manusia hingga detail sistem-sistem yang bekerja dalam tubuh manusia seperti sistem pernafasan, sistem pencernaan, peredaran darah dan lain sebagainya. Salah satu anugerah yang diberikan Allah kepada makhluk ciptaan-Nya yang diberi nama manusia adalah akal. Dengan akalnya, manusia mampu melakukan banyak hal yang dapat mempermudah hidupnya.

Dulu, sebelum diciptakannya pesawat terbang, kita tidak pernah terpikir untuk pergi ke negara lain di belahan benua lain, misalnya Amerika, karena untuk menempuh perjalanan kesana diharuskan melalui lautan yang ganas dan dahsyat. Namun, dengan akalnya, manusia mampu menciptakan suatu alat transportasi yang disebut pesawat terbang. Dengan alat tersebut, manusia bisa mencapai tempat terjauh sekalipun harus melalui pegunungan dan lautan yang demikian dahsyatnya.

Tidak cukup sampai disitu, berbagai alat transportasi lain beserta pendukungnya juga satu persatu mulai dihasilkan oleh manusia. Dalam tulisan ini, saya akan berbagi foto-foto hasil karya manusia dalam usaha untuk mempermudah hidupnya, yakni sebuah bangunan yang disebut jembatan yang menghubungkan satu tempat ke tempat lainnya meskipun dibatasi oleh lautan yang sangat luas.

Berikut ini adalah 10 jembatan terpanjang di dunia yang pernah diciptakan oleh manusia:

Lake Pontchartrain, jembatan ini mempunya panjang 38.420 meter yang terdapat di Lousiana, New Orleans, Amerika Serikat.

jembatan terpanjang di dunia


Bridge Donghai, jembatan ini mempunyai panjang 32.500 meter, yang merupakan jembatan terpanjang di Asia, juga merupakan jembatan terpanjang yang melintasi lautan. Jembatan ini terdapat di Shanghai China.

jembatan terpanjang di dunia


King Fahd Causeway, jembatan ini melintasi bendungan yang menghubungkan antara Saudi Arabia dan Bahrain.

jembatan terpanjang di dunia


Chesapeake Bay Bridge, jembatan ini mempunyai panjang 24.140 meter, melintasi Chesepake di Maryland Amerika Serikat.

jembatan terpanjang di dunia


Vasco da Gama Bridge, jembatan ini mempunyai panjang 17.200 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Eropa yang melintasi sungai-sungai di Portugal.

jembatan terpanjang di dunia


Penang Bridge, jembatan ini mempunyai panjang 13.500 meter, jembatan ini menghubungkan antara pulau Penang dan daratan Malaysia.

jembatan terpanjang di dunia


Rio Bridge, Niteroi, jembatan ini mempunyai panjang 13.290 meter, jembatan ini menghubungkan antara Rio de Jeneiro dan Niteroi.

jembatan terpanjang di dunia


Union Bridge, jembatan ini mempunyai panjang 12.900 meter, jembatan ini menghubungkan antara pulau Prince Edward dengan dataran New Brunswick di Canada.

jembatan terpanjang di dunia


San Mateo Bridge Hayoard, mempunyai panjang 11.265 meter, jembatan ini melintasi teluk California, San Francisco Amerika Serikat.

jembatan terpanjang di dunia


Seven-mile Bridge, jembatan ini mempunyai panjang 10.887 meter, jembatan ini menghubungkan antara teluk Meksiko dengan daratan di Florida, Amerika Serikat.

jembatan terpanjang di dunia


Demikian beberapa jembatan yang termasuk kategori terpanjang di dunia yang tersebar di berbagai negara. Yang harus kita garis bawahi dari bahasan kita kali ini adalah betapa maha dahsyatnya Allah yang menciptakan manusia beserta alam semesta ini. Tentunya dengan melihat jembatan-jembatan terpanjang di seluruh dunia, akan menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!