:::: MENU ::::

Sunday, January 13, 2013

Bagi para ibu hamil, ini ada sedikit informasi atau tips yang mungkin dapat berguna. Sebagai orang tua, tentu kita ingin mempunyai anak yang cerdas, baik secara intelektual maupun secara emosional. Ada yang mengatakan bahwa kecerdasan seseorang itu ditentukan oleh faktor genetika, maksudnya ada faktor keturunan, jadi kalau orang tuanya cerdas, kemungkinan besar anaknya pun akan cerdas. Pendapat itu mungkin benar dan mungkin telah ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Ternyata oh ternyata, kecerdasan seorang anak itu bisa pula diperoleh dari proses belajar dan itu pun bisa diusahakan semenjak bayi masih berada dalam kandungan.

cara meningkatkan IQ pada bayi


Untuk memperjelas pemahaman agar tidak rancu.... wiiiih bahasanya udah kaya akademisi aje .... he.he.. sebaiknya kita pahami dulu apa itu IQ. IQ adalah suatu istilah mengenai kecerdasan manusia dalam kemampuan untuk menalar, merencanakan sesuatu, kemampuan untuk mengatasi masalah, belajar, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan lainnya. Nah, anggapan atau asumsi yang mengatakan bahwa IQ adalah kemampuan bawaan lahir yang mutlak dan tidak dapat berubah adalah salah, karena menurut penelitian, kemampuan IQ dapat meningkat melalui proses belajar. Kecerdasan ini pun tidak sama bagi setiap orang, contohnya misalnya ada orang yang cerdas dalam bermusik dan yang lainnya cerdas dalam hal melukis, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini ada tips untuk ibu hamil mengenai cara untuk meningkatkan IQ bayi ketika ia masih berada dalam kandungan. Yuks .. kita intip caranya.

Berbicara dengan bayi
Seorang bayi yang ada dalam kandungan, ia dapat mendengar suara yang berasal dari luar ketika ia berusia 23 minggu. Ia (bayi dalam kandungan) mempunyai kemampuan mendengar yang tak terbatas, namun ia dapat membedakan suara ibunya. Menurut para pakar dari NYU Brain Research Laboratories, memperdengarkan musik yang menenangkan (seperti musik-musik klasik) atau membacakan puisi kepada bayi saat ia masih berada dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan menulis, membaca, dan berbahasa bagi si anak ketika ia nanti lahir. Bagi yang beraga Islam, dianjurkan untuk sering memperdengarkan bacaan-bacaan Al-Qur'an.

Perhatikan Asupan Makanan
Selain baik untuk kesehatan ibu hamil, pemilihan makanan yang tepat juga sangat baik untuk perkembangan sang bayi yang ada dalam kandungannya. Makanan yang mengandung lemak omega-3 (lemak nabati) dan turunannya (DHA), dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Makanan-makanan sehat untuk ibu hamil tersebut misalnya ikan tuna, salmon, minyak ikan, dan hati, adalah contoh-contoh makanan yang mengandung omega-3 yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan DHA, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan dari jenis unggas dan kuning telur. Untuk menghilangkan cacat saraf otak dan tulang belakang, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti jeruk, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

Memberikan rangsangan pada bayi
Journal of American Academy of Child & Adolescent Psychology menerbitkan sebuah hasil studi yang menyatakan bahwa cahaya redup dapat merangsang bayi saat dipegang dekat perut ibu. Jangan pernah menyorotkan cahaya terang langsung ke perut ibu hamil karena dapat membahayakan mata bayi.

Ibu hamil sering-seringlah menyentuh perutnya, karena ketika ibu hamil menyentuh perutnya, bayi akan merasa berada dalam perlindungan.

Hindari Stress
Stress dapat dipicu oleh banyak hal, masalah ekonomi atau masalah pekerjaan dan lain-lain. Bagi ibu hamil, usahakan untuk menghindari stress, karena ketika ibu hamil merasa stress, maka itu akan berdampak pada bayi karena anda berbagi hormon dengannya. Jadi, seberat apapun masalah yang anda hadapi, usahakan untuk tetap rileks.

Hentikanlah kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok atau minum minuman yang mengandung alkohol dapat merusak perkembangan otak bayi, ini berdasarkan hasil studi dari Moffit Cancer Center (Amerika Serikat).

Nah, itulah dia beberapa tips untuk ibu hamil, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa lagi di tips dan trik berikutnya.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!