:::: MENU ::::

Wednesday, December 19, 2012

Luka bakar atau luka bekas terkena sesuatu yang panas kadang-kadang sangat sulit untuk dihilangkan, luka seperti ini merupakan kerusakan jaringan kulit yang bisa diakibatkan oleh beberapa hal, misalnya karena benda tajam, gesekan benda padat, maupun karena pengaruh panas, misalnya terkena knalpot sepeda motor. Nah, luka seperti ini biasanya meninggalkan bekas dan sangat sulit sekali untuk dihilangkan atau dikembalikan menjadi seperti semula.

cara menghilangkan bekas luka bakar


Khusus untuk luka bakar, biasanya akan meninggalkan bekas seperti jaringan parut atau keloid setelah luka disembuhkan. Jaringan parut ini biasanya akan meninggalkan bekas secara permanen jika tidak ditangani secara benar. Munculnya jaringan parut atau bekas luka bakar pada kulit tentu akan sangat mengganggu penampilan anda, terutama jika bekas luka bakar tersebut berada di daerah-daerah yang tidak tertutup seperti tangan atau bahkan wajah. Nah, kalau sudah begini tentu akan menggangu rasa percaya diri anda bukan? terutama bagi kaum wanita :D

Tapi tenang, berikut ini saya punya tips cara menghilangkan bekas luka bakar yang dapat kawan-kawan coba dan mudah-mudahan berhasil. Berikut tips-tipsnya:

Obat
Gunakanlah obat anti luka bakar, obat-obat ini biasanya mengandung antihistamin dan kortikosteroid. Mintalah resep ke dokter.

Suntikan steroid
Untuk menghilangkan bekas luka bakar berupa jaringan parut yang sudah parah, biasanya menggunakan suntikan steroid atau perawatan dengan cara laser. Ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki bekas luka bakar yang cukup parah sehingga menggangu aktifitas mereka sehari-hari.

Cara herbal
Nah, cara yang ini merupakan cara yang paling alami dan mudah dilakukan, yaitu menghilangkan bekas luka bakar dengan cara herbal. Gunakanlah rendaman beras, kemudian dihaluskan bersama kencur dan oleskan pada luka bakar setiap hari sampai bekas luka bakar tersamarkan. Selain menggunakan rendaman air beras kencur tersebut, anda juga bisa menggunakan madu asli dan dioleskan pada bekas luka bakar. Seperti diketahui bahwa madu sangat baik untuk menghaluskan kulit.

Pemijatan
Kawan-kawan juga bisa menggunakan cara pemijatan, lakukan pemijatan pada bekas luka bakar dengan menggunakan minyak esensial mawar atau lavender. Namun, pada sebagian orang ada yang mengalami alergi pada minyak jenis ini, jika memang kulit anda alergi menggunakan minyak ini, segera hentikan untuk menghindari efek yang lebih parah. Sebagai gantinya, kawan-kawan bisa menggunakan minyak kelapa secukupnya sebagai penggantinya. Cara pemijatan ini sangat berguna untuk meratakan kolagen pada kulit sehingga hal ini akan sangat membantu memudarkan bekas luka bakar jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Konsumsi vitamin
Perbanyaklah mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang mengandung vitamin C, misalnya buat sitrus, brokoli dan kentang, selain itu perbanyak pula mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti kacang dan daging sapi tanpa lemak. Vitamin C dan zinc sangat baik untuk membangun kolagen di sekitar pembuluh darah kulit yang mengandung bekas luka bakar.

Bedah laser
Cara menghilangkan bekas luka bakar yang terakhir adalah dengan cara bedah laser, namun tentu saja ini merupakan cara yang tergolong sangat mahal. Pendekatan dengan metode sinar laser akan merangsang pembentukan kulit baru.

Demikianlah beberapa tips cara menghilangkan bekas luka bakar yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin berbagi, silahkan kawan-kawan bisa menulis di komentar atau kirim artikelnya ke saya disini. Insya Allah artikel dari kawan-kawan akan saya postingkan disini.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!