Jumat, 28 Desember 2012

Resep Cara Membuat Kue Donat Empuk

Kue Donat atau kalau orang Jawa bilang "bunder-bunder bolong tengah e", adalah kue sejuta umat, kue ini sangat digemari oleh berbagai tingkatan usia dari mulai anak kecil hingga orang dewasa dan bahkan para manula he..he.... Saking banyaknya penggemar kue donat, sampai-sampai sebuah perusahaan dari Amerika Serikat pun bisa membuka banyak cabang dari berjualan kue donat dengan label Dunkin Donuts.

Resep kue donat


Meskipun pada awalnya kue donat itu berbentuk bulat dan ada bolong di tengahnya, namun sesuai dengan perkembangan zaman dan selera manusia, bentuk kue donat pun mengalami berbagai perubahan atau inovasi ada yang bulet tanpa bolong, ada pula yang berbentuk lonjong. Namun bagaimana pun bentuknya, kue donat tetaplah kue donat, kue yang sangat enak dan bisa mengenyangkan kalau makannya lebih dari 10 biji ha..ha.ha...

resep kue donat


Nah, dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi tips dan trik cara membuat kue donat yang empuk, kenapa begitu, karena sekarang ini banyak sekali yang membuat kue donat, tapi hasilnya tidak empuk, kalau istilah saya menyebutnya "bantet". Bandingkan dengan kue donat yang kita beli dari produsen yang bermerek seperti yang saya sebutkan di atas, tentu sangat empuk dan enak bukan, walaupun dimakan setelah kue donat tersebut dingin. Nah, untuk membuat kue donat yang empuk, berikut ini adalah cara-caranya.

Pertama-tama yang harus anda siapkan tentulah bahan-bahannya, dan bahan-bahan untuk membuat kue donat yang empuk adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan 500 gram tepung terigu (usahakan terigu yang berkualitas)
  2. 100 gram gula pasir
  3. 11 gram ragi instan
  4. 1/4 sendok teh baking powder
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 2 kuning telur
  7. 100 gram mentega
  8. 250 ml susu cair
Kalo bahan-bahan untuk membuat kue donat tersebut sudah disiapkan, mari ikuti langkah-langkah pembuatannya:
  1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, baking powder, dan garam menjadi satu, kemudian aduk hingga merata
  2. Tambahkan kuning telur, aduk dan uleni hingga berbutir halus dan rata
  3. Tambahkan mentega kemudian aduk hingga menjadi homogen (benar-benar menyatu)
  4. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit ke dalam adonan, lalu uleni hingga semua tercampur rata dan adonan tidak lengket di tangan.
  5. Diamkan adonan selama 15 menit, setelah itu bentuklah adonan menjadi bulat-bulat dan tutup dengan kain yang basah. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Setelah dilakukan permentasi (didiamkan) selama 1 jam, bentuklah adonan yang sudah dibulat-bulatkan tadi sesuai dengan keinginan anda, lalu goreng dengan api yang tidak terlalu besar
  7. Tunggu hingga mengembang dan berwarna agak kecoklatan. Setelah itu angkat lalu tiriskan.
  8. Taburi donat yang sudah matang tersebut dengan berbagai aksesoris seperti selai coklat, strawberi, dan lain-lainnya sesuai dengan selera anda.
  9. Donat empuk pun sudah siap dihidangkan
Demikianlah tips dan trik mengenai resep cara membuat kue donat yang empuk, selamat mencoba dan semoga berhasil. Sampai bertemu lagi di tips dan trik cara membuat kue lainnya.