:::: MENU ::::

Monday, December 17, 2012

Tidur adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, salah satu fungsinya adalah untuk mengistirahatkan badan kita dari kelelahan setelah beraktifitas sehingga ketika bangun nanti badan kembali menjadi bugar dan siap melanjutkan kembali aktifitas sehari-hari. Bila kurang tidur, badan akan terasa lemas dan biasanya mudah sakit, terutama kurang tidur di malam hari. Itulah mengapa Allah dalam Al-Qur'an menyebutkan bahwa malam adalah waktu untuk beristirahat dan siang untuk beraktifitas, hal ini juga diamini oleh Bang Haji Rhoma Irama dengan lagunya "Begadang" he.he.. dalam syair lagunya ada bait seperti ini kan "kalau terlalu banyak begadang muka pucat karena darah berkurang.... kalau sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang ...." he..he..he... Tuh, kalau terlalu sering begadang nanti penyakit akan mudah datang. Oleh karena itu, usahakanlah agar anda memberikan cukup istirahat (tidur) pada badan anda. Tapi, kurang tidur itu tidak hanya disebabkan oleh keinginan, ada juga orang yang kurang tidur karena memang dia sulit tidur atau istilah kesehatannya Insomnia, bagaimana kalau yang ini? Untuk itulah artikel ini saya tulis, mari kita lanjutkan mengenal apa itu insomnia dan bagaimana cara mengatasinya.

Insomnia


Makhluk apa sih Insomnia itu? pengertian Insomnia menurut sumber yang bisa ditemukan di Wikipedia mengatakan (ini terjemahan ala Amang ya, jadi kalo ada salah mohon dimaklumi, coz nilai bahasa Inggris waktu sekolah lumayan jeblok ... he..he..) Insomnia adalah ketidakmampuan untuk menjaga atau memberikan tidur kepada tubuh sesuai dengan kebutuhan. Memang, bagi penderita insomnia, sangat menjengkelkan dimana tubuh sudah terasa lelah tapi mata tetap tak bisa terpejam.

Ternyata eh ternyata, Insomnia tidak hanya disebabkan oleh penyakit saja, tetapi ada setidaknya empat hal penyebab datangnya Insomnia membahana pada diri anda he..he... yaitu, karena gaya hidup, karena gangguan psikologis dan emosional, karena hal-hal medis, dan karena faktor lingkungan. Berikut ini akan diuraikan keempat kategori Insomnia tersebut berikut cara mengatasinya.

Insomnia karena gaya hidup
Banyak orang yang terpaksa tidur larut malam atau bahkan tidak tidur di malam hari karena pekerjaan, misalnya karyawan pabrik yang harus masuk shift kerja malam yang dimulai jam 11 dan pulang jam 07 pagi, mereka terpaksa harus melek disaat orang lain tertidur lelap, karyawan dan mahasiswa yang terpaksa harus menyelesaikan tugas deadline sehingga mereka sering begadang, dan masih banyak lagi. Gaya hidup seperti ini bisa memicu timbulnya Insomnia dikemudian hari. Satu lagi, bagi yang sering mengkonsumsi nikotin, alkohol dan kafein juga bisa terkena Insomnia lho.

Untuk mengatasi masalah Insomnia yang disebabkan oleh pola atau gaya hidup, tentu anda harus mengubah pola dan gaya hidup anda. Berikut tips-tipsnya:
  • Usahakan mulai tidur secara teratur, misalnya targetkan maksimal jam 11 malam udah harus tidur
  • Kurangi dan kalo bisa hindari begadang (ntar dimarahin Bang Haji Rhoma he...he....), sebab saat tidur itulah sel tubuh melakukan regenerasi dan waktu itu tidak bisa digantikan oleh waktu yang lain.
  • Makanlah secara teratur, usahakan jangan makan terlalu malam, tapi anda juga tidak boleh membiarkan perut kosong sebelum tidur. Jadi usahakan atur pola makan anda, misalnya makan malam jam 7 malam.
  • Kurangi mengkonsumsi kopi, alkohol, dan rokok
Insomnia karena gangguan psikologis dan emosional
Insomnia jenis ini bisa timbul jika anda memiliki terlalu banyak beban pikiran, misalnya karena beban pekerjaan yang menumpuk, masalah rumah tangga, dan hal-hal lainnya. Keadaan tersebut jika sudah terlampau parah akan memicu depresi. Bagaimana mengatasi masalah Insomnia jenis ini? Berikut tips-tipsnya:
  • Jangan terlalu larut dalam masalah, yakinkan diri anda bahwa bukan hanya anda yang mempunyai masalah, banyak diluar sana orang lain yang mempunyai masalah yang lebih berat daripada kita. Dan satu hal lagi, yakinlah bahwa Tuhan tidak akan memberi ujian kepada kita diluar batas kemampuan kita.
  • Masalah bukan untuk dihindari, tapi untuk diselesaikan. Tapi, cobalah lupakan sejenak masalah yang anda hadapi ketika anda hendak tidur.
  • Perbanyaklah mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.
Insomnia karena hal-hal medis
Banyak sekali orang-orang yang mengalami kesulitan tidur karena menderita penyakit tertentu seperti stroke, asma, dan berbagai penyakit lainnya, atau sulit tidur karena mengkonsumsi obat-obat tertentu. Untuk mengatasi Insomnia jenis ini, tentu caranya adalah berkonsultasi dengan ahlinya yaitu dokter dan sampaikanlah keluhan anda yang berkaitan dengan Insomnia tersebut.

Insomnia karena faktor lingkungan
Faktor lingkungan bisa menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi sulit tidur, misalnya lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin, atau lingkungan yang terlalu berisik. Orang yang sudah terbiasa di tempat yang dingin dan nyaman seperti misalnya Sukabumi he...he.. kemudian menginap di rumah saudara misalnya di Jakarta, biasa akan mengalami kesulitan tidur karena lingkungan yang berbeda (udara yang panas dan lembab), kecuali kalo orang itu emang TUHE (Tuman Hees) kalo kata orang Sunda he...he... atau orang yang biasanya tidur jauh dari keramaian, misalnya rumahnya dikomplek pesawahan he..he.. kemudian tidur di rumah yang letaknya dekat terminal bis atau stasiun kereta api, biasanya akan sulit tidur. Lalu bagaimana mengatasi Insomnia jenis ini?

Untuk mengatasi sulit tidur jenis terakhir, tentu anda harus mengusahakan diri untuk menyesuaikan keadaan dengan gaya tidur anda, misalnya bila anda biasa di tempat yang sejuk sedangan kini anda tidur di tempat yang cuacanya panas, pakailah AC atau paling tidak kipas angin, kalo tidak ada juga, ya jangan pake baju dan celana lah biar angin sepoi-sepoi menyelinap ke pori-pori anda he...he... becanda. Jadi intinya harus menyesuaikan kondisi dengan kebiasaan anda tidur.

Untuk mengatasi masalah Insomnia yang sudah berlalut-larut, kawan-kawan bisa mencoba mengkonsumsi Madu hitam pahit sebagai terapi herbal, informasinya bisa dilihat disini.

Mungkin segitu dulu tips kesehatan dari Catatan Amang Dendi yang berkaitan dengan masalah sulit tidur atau Insomia, semoga bermanfaat. 
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!