:::: MENU ::::

Sunday, February 9, 2020

Di era teknologi informasi sekarang ini, fungsi sebuah smartphone atau handphone menjadi sangat penting, karena fungsi smartphone tidak lagi hanya sebatas untuk menelepon atau mengirim SMS saja, tetapi lebih kompleks lagi hampir mirip dengan fungsi komputer atau laptop dimana kita bisa membuat dokumen, mengolah angka (spreadsheet), dan mencetak lembar kerja kita langsung dari smartphone.


Singkat kata, smartphone seakan-akan merupakan gabungan dari berbagai perangkat seperti laptop atau komputer, kamera, radio, dan masih banyak lagi. Nah pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tips tentang cara mencetak atau ngeprint dokumen langsung dari smartphone.

Tips kali ini dikhususkan untuk kalian yang menggunakan printer klasik, yaitu printer yang masih menggunakan kabel USB sebagai media konektifitasnya. Jika printer-printer yang baru yang telah dilengkapi dengan konektifitas bluetooth atau Wifi, maka itu sangat mudah sekali untuk menghubungkan dengan smartphone, tetapi untuk printer klasik, kita membutuhkan beberapa alat bantu.

Oke, ngga perlu panjang-panjang lagi bikin prolog, sekarang langsung saja kita siapkan peralatan dan hal-hal lain yang dibutuhkan:

  • Smartphone (dalam tutorial ini berbasis Android)
  • Komputer/Laptop
  • Printer (dalam contoh ini Epson L350)
  • Google Chrome (untuk di komputer/laptop)
  • Akun Google (harus sama dengan yang dipakai di Androidnya)
  • Internet
  • Kopi dan Rokok (opsional ... hehe)
Nah, setelah semuanya disiapkan, tutorialnya sudah saya buatkan dalam bentuk video supaya lebih mudah dipahami dan diikuti. Selamat menonton dan semoga bermanfaat.


Categories: ,

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!