:::: MENU ::::

Sunday, April 19, 2015

Menjelang sholat subuh, dari pada bengong lebih baik berbagi sedikit tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca dan pengunjung blog ini. Tips kali ini adalah tips atau trik matematika. Seperti kita tahu bahwa kebanyakan dari para siswa-siswi di sekolah semua tingkatan, entah itu SD, SMP, atau SMA kadang banyak yang merasa ngeri waktu pelajaran matematika, belum mulai belajar udah nyerah duluan di pikirannya :D. Nah mudah-mudahan dengan mengetahui trik matematika berikut, pelajaran matematika tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang mengerikan atau harus dihindari, tapi sebaliknya menjadi sebuah pelajaran yang sangat menyenangkan.

phobia matematika

Baiklah, ini adalah trik matematika untuk cara cepat mengkuadratkan angka berakhiran lima. Contoh angka berakhiran lima misalnya : 65, 55, 105, dan sebagainya. Lalu bagaimana triknya?

Trik matematika untuk mengerjakan pengkuadratan bilangan berakhiran lima dengan cepat adalah :
  1. Kalikan angka sebelum angka 5 dengan angka urutan selanjutnya. Bingung? kita pakai contoh, misalnya kita akan mengkuadratkan bilangan 65. Angka sebelum angka 5 adalah 6 sedangkan angka urutan selanjutnya setelah angka 6 adalah 7, jadi langkah pertama yang kita lakukan adalah mengalikan angka 6 dengan 7. Ngerti kan?
  2. Tuliskan angka 25 dibelakang hasil dari langkah nomor 1. Dalam contoh ini, tadi di langkah pertama kita mengalikan angka 6 dengan angka 7 kan? Nah hasilnya adalah 42. Langkah kedua adalah menuliskan angka 25 dibelakang hasil langkah nomor 1, berarti hasilnya jadi 4225.
Jadi hasil pengkuadratan dari 652 = 4225. Ngga percaya? silahkan buktikan sendiri dengan cara pengerjaan yang biasa anda lakukan.

Contoh lain, misalnya kita akan mengkuadratkan angka 105. Cara pengerjaannya adalah :

1052 = ?
Langkah pertama : 10 x 11 = 110
Langkah kedua : tambahkan 25 diakhir hasil langkah pertama = 11025
Jadi 1052 = 11025

Paham?
Silahkan coba dengan soal-soal lain.
Categories: