:::: MENU ::::

Friday, June 21, 2013

Burung Anis Kembang agak sedikit berbeda dengan burung Anis Merah, karakter yang dimiliki oleh burung Anis Kembang lebih mirip dengan Anis Macan, Anis Kuning, dan Anis Cendana. Oleh karena itu, cara merawat jenis-jenis burung ini hampir sama.

Pemberian pakan secara tepat sangat diperlukan dalam merawat burung-burung dari jenis Anis atau Punglor, karena ini untuk mengimbangi pertumbuhan mereka. Setiap hari dan setiap pertambahan umur, mereka akan semakin rajin bunyi dan suaranya pun semakin terdengar kencang. Bila perawatan terhadap burung Anis atau jenis punglor ini tidak tepat atau asal-asalan, nantinya burung tersebut tidak akan mencapai performa terbaiknya.

anis kembang


Burung Anis Kembang mempunyai sedikit perbedaan dengan burung kacer pada umumnya, bila burung kacer lain tidak mempunyai efek signifikan saat diberi kroto, lain halnya dengan Anis kembang yang justru memberikan dampak positif terhadap performa suaranya. Pemberian kroto bisa dilakukan setiap hari dengan porsi cukup satu sendok teh saja. Kroto bisa anda berikan pada pagi atau siang hari, namun anda juga sebaiknya mengurangi pemberian makanan ekstra lainnya seperti buah dan jangkrik. Jenis perawatan dengan cara seperti ini biasa disebut Full Kroto, walaupun pada prakteknya tetap memberikan buah dan jangkrik walau dalam porsi yang sedikit.

Bagi yang mempunyai Anis Kembang, berikut ini tips perawatan harian full kroto yang saya nukil dari blognya om kicau.
  1. Berikan kroto sebanyak satu sendok teh pada pagi hari setelah burung mandi. Waktu memberikannya adalah ketika burung dianginkan atau ketika sebelum burung dijemur di bawah sinar matahari.
  2. Sebagian pecinta Anis Kembang ada yang tidak memberikan jangkrik, yakni benar-benar full kroto.
  3. Saran dari beberapa ahli termasuk yang disarankan oleh Om kicau, berikanlah makanan tambahan seperti jangkrik dalam porsi yang cukup misalnya beri masing-masing 1 jangkrik pada pagi dan sore hari. Selain itu, cacing juga bisa menjadi nutrisi tambahan, berikan 2 ekor cacing pada pagi hari dan 1 ekor pada sore hari.
  4. Berikan juga buah-buahan sebagai pelengkap nutrisinya
  5. Lakukan perawatan harian seperti mandi, berjemur, dan pemasteran
  6. Berikan multivitamin sebanyak 3x dalam seminggu.
Pemberian kroto ini harus dilakukan secara rutin dan tidak terputus-putus, selain itu kroto yang diberikan juga harus yang benar-benar masih segar, jika tidak maka akan menimbulkan masalah pada pencernaan burung Anis Kembang anda.

Terapi kroto ini dilakukan selama 2-3 minggu, bila burung akan dilombakan, jangan melakukan terapi kroto melebihi waktu tersebut karena biasanya burung akan terlalu over acting sehingga hasilnya kurang baik.
Categories: