:::: MENU ::::

Friday, June 14, 2013

Kawan-kawan pernah mendengar games Guitar Hero? sebuah game yang sangat cocok untuk pencinta musik yang membuat pemainnya merasa seolah bisa memainkan alat musik sesungguhnya. Sekitar satu tahun yang lalu, Kickstarter membuat sebuah versi ultimate dari Guitar Hero yang disebut gTar. Lalu apa bedanya gTar dengan gitar yang dipakai untuk bermain Guitar Hero? Pada gitar yang dipakai dalam game Guitar Hero, kita hanya akan menemukan 5 tombol, sedangkan gTar mempunyai jumlah fret yang sama seperti gitar sungguhan. Ini dia gambarnya.

ultimate gtar like guitar hero


Namun gTar bukan gitar mainan. Secara praktikal, alat ini memang berfungsi seperti gitar sungguhan. Bedanya, kita akan menemukan enam buah lampu pada setiap fret. Lampu-lampu ini akan menyala sesuai dengan lagu yang ingin kita mainkan. Jadi untuk memainkan sebuah lagu, kita hanya perlu menekan senar pada posisi lampu-lampu yang menyala. Mirip dengan permainan Guitar Hero bukan?

gtar for guitar hero


Sama seperti Guitar Hero, gTar juga dilengkapi berbagai tingkat kesulitan, yaitu easy, medium dan hard. Semakin tinggi tingkat kesulitan, jari jemarimu juga dituntut untuk bekerja lebih cepat dan cekatan. Yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kita menekan senar yang salah, bukankah itu akan membuat sebuah lagu terdengar berantakan? Tidak perlu khawatir, fitur SmartPlay pada gTar membuat alat tersebut mengeliminir nada-nada yang tak dibutuhkan. Lho, kok bisa? Tentu bisa, karena gTar bukan gitar elektrik, melainkan gitar digital.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli alat ini adalah kamu wajib memiliki sebuah iPhone. Karena selain berfungsi sebagai penyuplai database lagu,  proses 'digitalisasi' nada juga dilakukan melalui iPhone.

Tertarik? proyek pendanaan gTar sampai saat ini masih berlangsung di Kickstarter. Dan hebatnya, proses pendanaan sudah terpenuhi walaupun masih menyisakan waktu lebih dari sebulan. Harga retailnya direncakan sebesar $449, namun dengan 'menyumbang' melalui kickstarter, kamu dapat memiliki gTar edisi perdana hanya dengan mengeluarkan uang senilai $350 (plus ongkir). Penawaran yang cukup menarik saya kira.

Spesifikasi:
Size: 35"L x 13" W x 1.75" D
Connections: USB, 1/4" Line Out, SmartPick
Power: Internal 5000 mAh Li-Ion Battery, Charging via. USB

Dalam paket penjualan terdapat:
  • Padded Backpack Gig Bag
  • Guitar Strap
  • USB Charger (1A 5V)
  • USB Cable
  • Two Sets of Replacement Strings
  • Three SmartPicks
  • Line-out Headphone Adapter
Sumber: idbite
Categories: