:::: MENU ::::

Monday, April 1, 2013

Pada bulan-bulan ini, semua pelajar tingkat akhir di semua level baik SMA, SMP, maupun SD akan menghadapi ujian akhir yang akan menentukan lulus dan tidaknya mereka, ujian ini kita kenal dengan ujian nasional (UN).

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips dan trik agar kita bisa lulus UN dengan hasil yang memuaskan! Berikut ini tips yang mungkin layak untuk dicoba oleh kawan-kawan.

kiat lulus ujian nasional


Belajar Mandiri
Belajar mandiri ini bisa anda lakukan baik perorangan maupun per- kelompok kecil bersama teman-teman anda, kelemahan dari belajar mandiri ini adalah kurangnya motivasi dari diri sendiri, artinya seorang anak akan acuh tak acuh dalam belajar mandiri yang menimbulkan ketidakseriusan dalam mencerna pelajaran-pelajaran. Solusinya adalah keaktifan orang tua/ wali dalam memberikan motivasi untuk selalu belajar yang giat supaya pada akhirnya dapat lulus UN 2013 dan dapat duduk di bangku kuliah, bangku SMA atau bangku SMP.

Ikut Bimbel
Mengikuti program Intensif lewat lembaga bimbingan belajar dikota anda, semisal bimbel Gama College, JILC, RPC dan bimbingan belajar insentive Ujian akhir 2013 serupa. Kelemahan dari program Bimbingan Belajar ini adalah berat di ongkos, artinya seorang siswa yang berasal dari kalangan menengah kebawah agak sulit mengikuti bimbel karena terbentur masalah biaya. Kelebihan dari ikut bombel adalah anak akan termotivasi dan cepat menangkap pelajaran-pelajaran, karena para tentor (guru pembimbing) akan menggunakan segala macam trik dan games-games menarik supaya peserta bimbelnya menghapal dan mengingat secara nalar pelajaran-pelajaran yang sesulit bagaimanapun.

Les Privat
Kadang seorang guru akan membuka bimbingan belajar pribadi secara intensive di rumahnya pada waktu- waktu diluar jam sekolah. Kelemahan dari les privat pada guru lagi-lagi terbentur masalah biaya, karena tentunya guru yang membuka les private akan mengenakan "uang capek" (Tapi tidak akan semahal uang administrasi lembaga bimbel resmi) pada peserta didiknya, dan yang kedua adalah khan 1 guru itu cuman membawakan 1 bidang study saja, jadi artinya seorang siswa akan banyak menghabiskan waktu jika mengikuti les privat seperti ini. kelebihannya karena guru yang membuka bimbingan pribadi atau les privat itu sudah hampir 3 tahun bersentuhan dengan siswa, jadi sang guru akan mengetahui setiap karakter dari siswa-nya dan akan menggunakan teknik mengajar les privat sesuai dengan karakter masing-masing siswa-nya.

Nah itulah beberapa tips dan trik agar lulus dalam menghadapi UN. Semoga bermanfaat.
Categories: