:::: MENU ::::

Tuesday, April 16, 2013

Dalam postingan sebelumnya, saya telah menuliskan tips kesehatan mengenai cara menghilangkan jerawat menahun, nah dalam postingan kali ini saya juga masih akan menuliskan tips kesehatan seputar cara menghilangkan jerawat. Memang saat ini banyak sekali beredar obat jerawat dari berbagai merek dan bentuk, dari mulai krim hingga berbentuk gel. Namun, dari kesemua obat jerawat itu, tentu memiliki efek samping yang terkadang bisa membuat jerawat kita menjadi lebih parah.

cara menghilangkan jerawat


Sebelum langsung mencoba berbagai obat untuk menghilangkan jerawat, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu penyebab jerawat itu sendiri. Jerawat biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia puber, namun tidak jarang pula yang masih memiliki masalah dengan jerawat walaupun usianya udah menginjak dewasa. Sekedar untuk diketahui bahwa jerawat bisa disebabkan oleh faktor internal dan bisa juga disebabkan oleh faktor dari luar (eksternal). Untuk kedua penyebab ini, cara penanganannya pun tentu berbeda.

Cara mengobati jerawat yang disebabkan dari dalam
Pada dasarnya, secara alami tubuh kita menghasilkan minyak yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, namun apabila produksi minyak itu berlebihan, maka yang terjadi adalah jerawat mudah sekali tumbuh di wajah kita. Untuk mengatasi hal ini, lakukan langkah-langkah berikut:

Hindari makanan berlemak
Makanan yang kaya lemak seperti kacang-kacangan, yoghurt, coklat, dan lainnya, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menghasilkan minyak yang berlebih pula. Produksi minyak yang berlebihan akan menyumbat pori-pori kulit yang pada akhirnya akan menyebabkan gumpalan dan mengundang bakteri yang bernama propionibacterium acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat.

Mengkonsumsi makanan berserat
Makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan adalah contoh makanan yang mengandung banyak serat, ini sangat baik untuk tubuh dalam membantu melarutkan lemak jahat dalam tubuh kita. 

Minum lebih banyak air putih
Selain membantu menjaga metabolisme tubuh, air putih juga sangat baik untuk membantu proses regenerasi sel kulit. Dengan banyak minum air putih, akan membantu membersihkan kotoran yang ada dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Menghilangkan jerawat dari luar
Madu
Selain berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, madu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat dan diamkan selama sekitar 15 menit, selanjutnya bilaslah wajah anda dengan menggunakan air hangat.

Kulit jeruk dan lemon
Kulit jeruk dan lemon memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat. Bahkan obat jerawat yang tersedia dipasaran pun banyak yang menggunakan jeruk dan lemon sebagai bahan. menggunakanya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk kulit jeruk sampai halus kemudian campur sedikit air. Hasil campuran tersebut bisa dioleskan pada bagian yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya di biarkan hingga 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Mentimun
Meski jenis buah ini mudah ditemukan dan harganya sangat murah ternyata mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh termasuk untuk mengatasi jerawat. Anda bisa melakukan dengan cara mengiris lalu menempelkan pada bagian yang terkena dan fungsinya untuk untuk memberikan efek sejuk pada bagian kulit yang meradang, setelah 15 menit kemudian cuci dengan air bersih

Pepaya
Kandungan vitamin pada buah pepaya sangat baik untuk kulit. Namun masih jarang yang memanfaatkan untuk mengobati jerawat dikarenakan aromanya.  Caranya cukup mudah, blender pepaya sesuai kebutuhan, kemudian oleskan pepaya hasil blender tadi pada wajah selama 20 menit selanjutnya bersihkan dengan air.

Putih telur
Cara menghilangkan jerawat yang ini cukup mudah dan murah, yaitu memanfaatkan telur. Putih telur sangat baik untuk pengobatan jerawat jika digunakan sebagai masker. Caranya cukup mudah, siapkan sebutir telur, ambil putihnya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. 
Categories: