:::: MENU ::::

Sunday, March 17, 2013

Masalah keputihan adalah masalah yang sangat dekat dengan wanita, ya tentu saja karena saya tidak pernah mendengar laki-laki mengalami masalah keputihan he..he.... Di pasaran, banyak beredar obat-obat untuk mengatasi atau menyembuhkan keputihan, namun tentu telah dicampur dengan berbagai bahan yang mungkin mengandung bahan kimia atau dengan kata lain tidak alami lagi. Nah, dalam postingan ini, saya akan berbagi cara membuat ramuan obat untuk keputihan yang menggunakan bahan alami namun hasilnya manjur.

obat alami untuk keputihan


Namun, sebelum menuju kepada cara membuat ramuan obat alami untuk keputihan, saya akan uraikan dulu mengenai apa itu keputihan, gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit keputihan, serta apa saja yang dapat menyebabkan keputihan.

Keputihan (vaginal discharge) adalah peristiwa keluarnya cairan atau lendir berbau dan menimbulkan rasa gatal. Keputihan bisa terjadi karena adanya infeksi dari hubungan seksual atau adanya penyakit menular non-seksual yang lain. Faktor infeksi lain yang dapat menimbulkan penyakit keputihan adalah jamur candida albicans, bakteri gardnerella, infeksi HIV/AIDS, candyloma, penyakit herpes, dan infeksi parasit trichomonas vaginalis.

Setelah mengetahui apa itu keputihan, sekarang saatnya mengenali gejala-gejala keputihan. Adapun gejala-gejala keputihan adalah sebagai berikut:
  • Keputihan karena jamur dicirikan dengan adanya rasa gatal pada vulva dan sekitarnya, cairan agak putih dan kekuning-kuningan, dan berbau menyengat.
  • Keputihan karena virus cirinya terlihat seperti adanya luka melepuh seperti terbakar di sekitar bagian dalam vagina, cairan yang sangat gatal dan vagina terasa panas.
  • Keputihan karena bakteri cirinya cairannya encer dengan warna putih keabu-abuan dan beraroma amis.
  • Keputihan karena parasit cirinya munculnya cairan kental yang berwarna kuning kehijauan dengan aroma tak sedap dan berbusa.
Oke, pengertian keputihan udah tau, gejalanya juga udah tau, sekarang saatnya kita mengetahui obat alami tradisional untuk menghilangkan keputihan. Berikut adalah obatnya:

Daun Sirih
Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati keputihan, caranya adalah:
  • Rebus beberapa lembar daun sirih ke dalam air kira-kira 2,5 liter.
  • Biarkan air rebusan tersebut menyusut hingga kira-kira menjadi 2 liter.
  • Diamkan air rebusan hingga menjadi dingin.
  • Setelah dingin, gunakan ari rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh vagina setiap anda selesai buang air kecil.
  • Lakukan terus menerus hingga keputihan anda hilang.
daun sirih untuk keputihan


Gunakan daun Tapak Liman
Selain daun sirih, kita juga dapat menggunakan daun Tapak Liman sebagai obat alami untuk menghilangkan keputihan. Caranya adalah:
  • Rebus daun tapak liman dengan 2 gelas air.
  • Biarkan airnya menyusut hingga tersisa sekitar satu gelas saja.
  • Setelah dingin, minum air tersebut dengan frekuensi 2x sehari hingga keputihan anda benar-benar hilang.
daun tapak liman untuk keputihan


Nah, itulah tips mengenai obat tradisional untuk mengobati keputihan dengan cara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Categories: