:::: MENU ::::

Wednesday, December 5, 2012

Sebetulnya, tips dan trik cara membuat air sumur menjadi bersih dan jernih ini udah saya posting di blog saya lain, tapi karena blog tersebut udah jarang diupdate, jadi saya post lagi disini siapa tahu masih banyak yang memerlukan tips ini dan ada yang ingin ditanyakan, apalagi di musim penghujan seperti ini biasanya air banyak yang kotor, mudah-mudahan tips berikut ini dapat menjadi solusi, walaupun mungkin bukan solusi permanen tapi setidaknya dapat membantu mengatasi masalah rekan-rekan pembaca.

air sumur


Air sumur mempunyai peranan yang sangat penting, setidaknya itu yang saya dan keluarga rasakan karena saat ini kami sudah tidak berlangganan air lagi dari PDAM, jadi sumur adalah satu-satunya sumber air untuk menunjang kehidupan kami :D. Oleh karena itu, kebersihan air sumur menjadi sesuatu yang mutlak yang harus dimiliki oleh kami.

Mendengar keluhan dari kawan-kawan dan tetangga, memang masalah air sumur ini bermacam-macam, ada yang airnya bersih tapi volumenya sedikit, tapi ada juga yang airnya banyak, hanya saja keruh, kotor, dan bahkan bau, dan yang kedua inilah yang juga saya alami. Dalam artikel tips dan trik membuat air sumur menjadi bersih dan jernih ini, yang akan saya bagikan adalah bagaimana cara mengatasi air sumur yang kotor dan bau.

Ada dua langkah yang bisa dilakukan, yaitu dengan memodifikasi sumur sedemikian rupa, silahkan liat gambar berikut:

sumur modifikasi




Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa air sumur yang akan ditarik dengan pompa air dipersempit, kotoran diendapkan/disaring dengan menggunakan kerikil, tanah pasir, dan juga bahan-bahan lain yang dianggap dapat menahan kotoran sehingga yang terserap oleh pompa air (yang ada dalam pipa) menjadi bersih. Cara seperti ini juga banyak yang berhasil. Tapi, dalam kasus sumur saya, cara ini tidak bertahan lama.

Untuk mempertahankan kejernihan air sumur, setelah kita memodifikasi sumur menjadi seperti gambar di atas, kita dapat menggunakan bantuan Citric Acid, atau kalau orang sunda bilang Sitrun :D. Taburkan larutan Citric Acid tersebut ke dalam sumur (dalam kasus saya, saya gunakan dua bungkus setiap hari), dan silahkan kawan-kawan lihat hasilnya, air sumur menjadi bersih dan jernih. Tapi, untuk dapat digunakan sebagai air minum, alangkah baiknya kalau kawan-kawan menanyakan kepada yang lebih ahli mengenai hal tersebut karena dikhawatirkan tidak aman untuk dikonsumsi. Saya hanya menggunakan air tersebut untuk mencuci pakaian dan mandi saja.

Itulah tips dan trik cara membuat air sumur menjadi bersih dan jernih dari saya, bila kawan-kawan ada yang ingin ditanyakan seputar hal tersebut, kawan-kawan bisa menghubungi saya via YM (kalau lagi OL) he..he.he..
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!