:::: MENU ::::

Saturday, August 13, 2016

Google Adsense adalah bisnis periklanan terbesar yang dimiliki oleh raksasa internet Google. Banyak orang yang telah sukses meraup ribuan bahkan jutaan dolar dari bisnis ini. Namun, tentu bukan hal mudah untuk meraih kesuksesan seperti yang saya sebutkan di atas karena membutuhkan kerja keras dan keuletan ditambah dengan keberuntungan hehe. Kenapa saya katakan keberuntungan? karena meskipun bisnis ini berbasis IT, namun tidak semua orang yang mahir dalam bidang IT dapat sukses di bisnis ini, namun tidak sedikit mereka yang hanya tahu sepintas saja tentang IT namun meraih sukses besar.

Banyak sekali faktor yang menentukan kesuksesan seseorang dalam meraih dolar melalui Google Adsense ini, khusus mengenai blog, dalam artikel ini saya mencoba berbagi salah satu tips optimalisasi konten blog untuk menambah peluang meraih dolar dari internet. Salah satu optimalisasi blog untuk meningkatkan earning dari Google Adsense adalah penempatan iklan dalam blog, penempatan iklan dalam blog sangat mempengaruhi kemungkinan earning yang kita peroleh. Diantara sekian banyak lokasi penempatan iklan, yang cukup potensial untuk menghasilkan earning adalah menempatkan iklan Adsense di tengah-tengah artikel blog. Yu kita lihat ilustrasinya seperti di bawah ini:
cara memasang iklan adsense di tengah artikel
Ilustrasi penempatan iklan
Bagi pengguna wordpress dan CMS lain selain Blogger, untuk menempatkan iklan di tengah-tengah artikel blog dapat menggunakan plugin yang tersedia banyak di internet dan dibagikan secara gratis, just search and download kawan :).

Nah, bagi yang menggunakan CMS Blogger, untuk dapat memasang iklan di tengah artikel, ada beberapa langkah yang harus ditempuh, langsung saja ya:

Langkah pertama
Silahkan login dulu untuk dapat mengakses halaman dashboard blog/website anda, selanjutnya pilih menu "Template" untuk mengakses source code template. Nah silahkan anda klik pada bagian "Edit HTML".

Langkah kedua
Setelah masuk ke mode "Edit HTML", selanjutnya silahkan dari kode berikut ini:
<data:post.body/>

Langkah ketiga
Setelah anda temukan kode tersebut, selanjutnya silahkan ganti kode itu dengan kode berikut:
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Perhatikan kode di atas, disana terdapat kata "Letakkan kode unit adsense hasil parse disini", ya disanalah anda harus tempatkan kode adsense anda. Hapus kalimat tersebut dan ganti dengan kode adsense milik anda yang telah diparse (diencode). Untuk memparse kode adsense, silahkan anda dapat klik disini.

Setelah selesai, silahkan save template anda dan lihat hasilnya, iklan adsense anda akan muncul di tengah artikel. Untuk memodifikasi letak iklan, silahkan anda ganti angka 2 yang berwarna biru dalam kode di atas. Panduannya sebagai berikut:
  • Jika anda ingin menempatkan iklan adsense di sepertiga bagian artikel, silahkan ganti angka 2 tersebut dengan angka 3.
  • Jika anda ingin menempatkan iklan adsense di seperempat bagian artikel, ganti angka 2 dengan angka 4.
  • Semakin besar nilainya akan semakin atas posisi iklannya.
Itu dia tips dan trik cara memasang iklan adsense di tengah artikel pada blogger atau blogspot, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar.

Sumber ilmu dari : http://strukturkode.blogspot.co.id
Categories: