:::: MENU ::::

Saturday, May 18, 2013

Ebook berikut ini merupakan kumpulan kisah-kisah yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk kita sendiri ataupun untuk kita sampaikan kepada orang-orang di sekitar kita, terutama kepada anak-anak kita. Melalui sebuah kisah, kita bisa menyampaikan suatu pesan yang berisi nasihat tanpa ada kesan menggurui. Sang penulis pun mengungkapkan hal itu dalam ebook ini bahwa sebuah kisah mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • Membuat seseorang terpengaruh tanpa menyadari bahwa dirinya sedang dipengaruhi
  • Membuat orang mengerti tanpa merasa digurui
  • Membuat seseorang belajar tanpa merasakan adanya paksaan
Salah satu kisah yang dimuat dalam ebook ini adalah kisah Ibnu Hajar dan seorang Yahudi. Ibnu Hajar adalah seorang hakim di Mesir, dan setiap hari ia berangkat ke tempat kerja menggunakan kereta yang diiringi dengan arak-arakan. Suatu hari ia bertemu dengan seorang Yahudi di perjalanan, orang yahudi ini adalah seorang tukang minyak. Sebagaimana layaknya seorang tukang minyak, maka baju si orang yahudi ini pun kotor oleh cipratan-cipratan minyak.

kumpulan cerita hikmah


Melihat arak-arakan kereta Ibnu Hajar, si Yahudi ini pun mencegat arak-arakan tersebut. Selanjutnya ia berkata : "Hai Ibnu Hajar, bukankah Rasulullah berkata bahwa dunia ini ibarat penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir?" Lalu kenapa engkau dapat pergi bekerja dengan diiringi oleh arak-arakan mewah sedangkan aku penuh dengan penderitaan?. Mendengar ucapan itu, Ibnu Hajar menjawab : "Kesenangan yang aku terima di dunia hanyalah ibarat penjara karena di surga nanti, kesenangan yang akan diterima oleh seorang mukmin akan jauh lebih indah, sedangkan penderitaan yang engkau alami saat ini ibarat surga karena di akhirat nanti, azab yang akan diterima oleh orang-orang kafir akan lebih pedih."

Mendengar jawaban Ibnu Hajar tersebut, maka orang yahudi itu pun mengucapkan dua kalimat syahadat saat itu juga. Dari kisah ini dapat kita ambil sebuah pelajaran bahwa sudah sepantasnyalah kita hidup dengan penuh kesabaran di dunia ini karena seberat apapun penderitaan yang kita alami di dunia, bila kita jalani dengan penuh kesabaran, akan dibalas oleh Allah dengan balasan yang tiada bandingannya.

Masih banyak kisah penuh hikmah yang terdapat dalam ebook ini, bagi anda yang ingin mendownloadnya, silahkan klik disini
Categories: