:::: MENU ::::

Monday, September 19, 2022

 Halo semuanya,

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, sepertinya hampir disemua bidang kehidupan telah mengadopsi teknologi, entah itu di rumah tangga (peralatan rumah tangga yang sudah serba canggih), kendaraan (bahkan telah dikembangkan kendaraan yang bisa auto pilot), dan juga dalam berbagai hal yang mempermudah kehidupan kita, bahkan semua sudah ada dalam genggaman (smartphone). Nah, pada postingan kali ini, saya ingin berbagi sebuah aplikasi inventory barang yang juga dapat mempermudah kita (khususnya buat teman-teman yang mempunyai toko) untuk mengelola catatan transaksi, baik itu pembelian, penjualan, hingga mencetak laporan-laporan sampai dengan laporan jumlah stok.

Aplikasi inventory barang ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya menggunakan MySql. Source code aplikasi ini bersifat open source, saya mendapatkan aplikasi ini dari sebuah web (maaf banget lupa nama websitenya karena ini udah lumayan lama saya downloadnya), dan ini masih ditulis dengan bahasa pemrograman PHP versi 5. Karena saat ini umumnya sudah digunakan PHP versi 7 (sebenarnya sudah sampai versi 8), maka saya lakukan beberapa modifikasi pada source codenya dengan menambahkan parser agar aplikasi ini dapat berjalan di PHP versi 7.

Selain menambahkan parser, saya juga menambahkan fitur untuk pencetakan stok barang karena pada source code aslinya belum ada fitur tersebut. Oke teman-teman sekarang kita langsung menuju aplikasi inventory barang berbasis web dengan PHP Mysql ini, berikut adalah fitur-fitur yang tersedia.

aplikasi inventory barang
Tampilan Dashboard

aplikasi inventory barang
Halaman Input Pembelian

aplikasi inventory barang
Halaman Input Penjualan

aplikasi inventory barang
Halaman Data Barang

Aplikasi Inventory Barang
Halaman untuk membuat laporan pembelian

Aplikasi Inventory Barang
Halaman untuk membuat laporan penjualan

Aplikasi Inventory Barang
Halaman untuk menampilkan laporan profit

Aplikasi Inventory Barang
Halaman untuk menampilkan data supplier

Aplikasi inventory barang
Halaman untuk setting data toko

Seperti sudah saya katakan sebelumnya bahwa aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5 namun sudah saya tambahkan kode parser agar bisa dijalankan di PHP versi 7. Disini, saya menggunakan PHP versi 7.4, dan untuk servernya menggunakan Xampp versi 7.4.29

Untuk cara penggunaannya, akan lebih enak kalau saya tunjukkan lewat video ya. Silahkan disimak videonya :


Aplikasinya dapat didownload pada link berikut (tenang, saya gak suka ngasih link download yang muter-muter kesana kemari dulu hehe) : Download Aplikasi

Jika teman-teman ada yang mau traktir saya untuk beli kopi, silahkan KLIK DISINI

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tulis komentar!